SMP YPS History

 

"SOROWAKO"...Sebagian besar orang jika mendengar kata ini akan bertanya, dimana lokasi tempat ini?Karena sebagian besar orang di luar sana (khususnya di luar Sulawesi) tidak mengetahui akan keberadaan daerah/desa ini.

SOROWAKO merupakan sebuah desa kecil di ujung Timur Laut Sulawesi Selatan. Perjalanan yang ditempuh sejauh 12 jam dengan menggunakan transportasi darat dari Kota Daeng Makassar untuk mencapai desa ini. Desa ini semakin berkembang pesat karena adanya sebuah perusahaan tambang besar yang sudah beroperasi di daerah Sorowako selama berpuluh tahun silam lamanya. Berbagai infrastruktur telah dibangun di desa kecil nan indah ini, di antaranya sarana Pendidikan.

PT. INCO (sekarang PT. VALE Indonesia) membangun sebuah sarana pendidikan pertama kali di Malili dengan nama Singkole International School (SIS). Menurut informasi yang didapatkan dari para alumni-alumni YPS, murid pertama di SIS berjumlah sekitar 12 siswa. Guru yang mengajar pada saat itu diantaranya adalah Ibu Tina Poerwo, Ibu Rina Kuncoro, Pak Maxs Kolibu dan masih banyak lagi. (*Nama-nama beliau diambil dari nama facebook). 

Seiring berjalannya waktu, Singkole International School (SIS) berubah nama menjadi yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) dan berpindah lokasi dari Malili ke Sorowako. Pada saat itu SMA dibangun untuk lebih menunjang tingkat pendidikan di Sorowako. Sehingga siswa yang lulus dari SMP YPS dapat melanjutkan pendidikan di SMA YPS.

Sampai sekarang, Yayasan Pendidikan Sorowako telah mengalami beberapa kali perubahan management Ketua Yayasan. Dan perubahan infrastruktur untuk lebih menunjang perkembangan Ilmu Pengetahuan anak. Para pendidik yang berkompeten di bidangnya di rekrut dari berbagai tempat. Semoga Yayasan Pendidikan Sorowako dapat terus maju dan berkembang seiring perkembangan jaman dan teknologi. Jaya terus Yayasan Pendidikan Sorowako.