Lewat Sosialisasi, Teguhkan Tekad Menuju Sekolah Adiwiyata

Diposting pada: 2015-02-26, oleh : Fadli Herman, Kategori: Informasi Sekolah

SOROWAKO - "Apabila karakter guru sudah terbentuk, maka karekter itu akan menular kepada siswa," kata Budi Prasetyo, Koordinator Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi SMA YPS Soroako, saat memberikan sosisalisasi implementasi program sekolah adiwiyata di ruang guru SMP YPS Singkole, Kamis (26/2).

Dalam presentasinya, Budi, yang juga guru IPA di SMA YPS Soroako membagi pengalaman implementasi program adiwiyata dan memaparkan sejumlah prestasi yang telah diraih sekolahnya selama kurun waktu satu tahun terakhir. Di antara prestasinya, yaitu juara dua pada lomba sekolah sehat tingkat provinsi dan meraih predikat sekolah adiwiyata tingkat provinsi.

Menurut Budi, jika sudah berbasis lingkungan, maka akan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan sekaligus menjadi penyadaran bagi warga sekolah.

“Jadi siswa tidak perlu dibawa ke hutan untuk belajar tumbuhan,” katanya. Warga sekolah, lajut Budi, juga dapat bertanggung jawab dalam menjaga lingkungan serta hal ini akan menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.

Dari sejumlah indikator yang dinilai, sekolah perlu mengumpulkan 64 poin untuk mendapatkan piagam tingkat provinsi, 72 poin untuk tingkat nasional, dan jika sudah di atas 80 poin maka sekolah tersebut diberi predikat adiwiyata mandiri.

Kepala SMP YPS Singkole, Mintje L. Manenggek, mengapresiasi sejumlah prestasi yang telah diraih SMA YPS Soroako. “Kami juga menyampaikan terima kasih karena telah menginspirasi kita untuk memulai sekolah adiwiyata,” ungkapnya.

Sebagai langkah awal, SMP YPS Singkole telah menerbitkan SK Kelompok Kerja. “Kami berharap upaya, dukungan, dan kerja sama seluruh warga sekolah untuk mewujudkan SMP YPS Singkole menjadi sekolah adiwiyata,” ujarnya.

Reporter: Integrity


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.ruumit.com
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Himbauan Informasi